6 Media JMSI di Batam Dilakukan Verifikasi Faktual Dewan Pers

  • Whatsapp
Pimpinan redaksi telisiknews(baju hitam) saat terima berkas dari tim dewan pers (su)

TELISIKNEWS COM,BATAM- Tim dari anggota Dewan Pers, melakukan verifikasi faktual terhadap enam media di Batam, Jumat, 25 Maret 2022. Keenam media tersebut merupakan anggota Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri.

Keenam media yang diverifikasi faktual tersebut antara wartakepri.co.id, ariranews.com, detaknews.co.id, alurnews.com, beritabatam.com dan telisiknews.com.

Read More

Jamalul Insan, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Dewan Pers, didampingi Irwan dari Sekretariat Dewan Pers mendatangi satu per satu media yang akan diverifikasi faktual tersebut.

Kunjungan pertama ke kantor  wartakepri.co.id. Jamalul Insan dan Irwan disambut Dedy Suwadha sebagai pemilik media tersebut.

Selain Wartakepri.co.id dan dua media lainnya yakni mediakepri.co.id dan batamclick.com yang merupakan anggota JMSI Kepri sudah terverifikasi faktual sejak 2018.

“JMSI buat surat. Ini hanya tinggal perapian pendataan di website Dewan Pers,” ujar Jamalul Insan disela-sela kunjungannya.

Selanjutnya, Jamalul Insan melanjutkan kunjungannya ke  ariranews.com  dan diterima Penanggungjawab yang juga Pempinan Redaksi media ini. Jamalul Insan melakukan pemeriksaan berkas dan website ariranews.com secara teliti.

Kemudian, perjalanan kunjungan anggota dewan pers itu ke basecamp
detaknews.co.id. Disambut oleh Ranti sebagai piimpinan perusahaan dan Amir sebagai pemimpin Redaksi.

Amir, yang juga Bendahara di JMSI Kepri memaparkan rubrik dan konten yang menjadi andalan di medianya.

Lalu, kunjungan dilanjutkan ke
alurnews.com  yang ada di rumo Mega Legenda 2 Batam Ceter. Jamalul Insan disambut Pimpinan Umum, Harianto dan Pemimpin Redaksi Hadli dinobatkan untuk menjadi narasumber mengisi alurpopcast.

Di alurpopcast ini, Jamalul Insan menjelaskan dan memaparkan panjang lebar peran dan fungsi Dewan Pers yang dipandu Anwar Anas yang merupakan Sekretaris JMSI Kepri.

Lalu, pada kesempatan ini, Jamalul Insan juga menjelaskan pentingnya dilakukan verifikasi terhadap media dan langkah Dewan Pers mengukur kemampuan wartawan melalui Uji Kompetensi.

Kemudian, dilanjutkan kunjungan anggota Dewan Pers ini ke kantor beritabatam.com  dan disambut Eddy Supriatna sebagai Pemimpin Redaksi media ini. Edy menjelaskan, Dewan Pers sudah tiga kali berkunjung untuk melakukan verifikasi faktual.

Kali pertama Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terjadi sekitar lebih satu tahun lalu. Lalu, Dewan Pers juga melakukan verifikasi faktual sekitar enam bulan yang lalu.

“Ini untuk yang ketiga kalinya, beritabatam.com dilakukan verifikasi faktual. Namun kita masih tetap taat dan patuh untuk mengikuti ketentuan dari Dewan Pers,” ujar Eddy.

Diakhir perjalanan tim verifikasi faktual dewan pers ini, Jamalul Insan dan Irwan mendatangi kantor redaksi Telisiknews.com yang berada di ruko Mega Legenda 2 Blok C1 nomor 21 Batam Center.

Kedatangan tim Dewan Pers ke kantor Telisiknews.com disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi dan penanggung Jawab, Yos S dan Pimpinan Perusahaan Saiful.Badri S.H serta Pimpinan Umum, Nikson S dan juga staf keuangan, Cypriana Situmorang  A.md, S.H, M.H. Pada kesempatan itu diserahkan juga berkas telisiknews.com untuk diverifikasi administratif dan selanjutnya verifikasi faktual.

“Secara umum perjalanan verifikasi ini berjalan dengan baik. Namun untuk hasilnya, kami berikan ruang seluas-luasnya kepada Dewan Pers memberikan penilaian terhadap media yang diverifikasi ini,” kata Eddy yang juga Ketua JMSI Kepri didampingi Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan jajaran pengurus lainnya. (***).

Editor : A. Yunus.

Related posts