5 Kebiasaan Buruk Ini Jangan Dilakukan Lagi Saat Haid!

TELISIKNEWS.COM,KESEHATAN -Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita. Haid bisa mengidentifikasi loh kesehatan rahim dan vagina. Makanya kesehatan daerah kewanitaan harus dijaga.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat menstruasi, banyak kebiasaan yang dilakukan ladies saat menstruasi namun berbahaya bagi tubuh. Perlu dihindari bahkan jangan dilakukan lagi ya.

Bacaan Lainnya

Dilansir laman hellosehat.com, berikut 5 kebiasaan buruk yang harus dihindari saat haid, karena bisa menimbulkan banyak penyakit :

1 Jarang ganti pembalut

Karena disibukkan dengan kegiatan banyak ladies saat haid tidak mengganti pembalut mereka. Atau jika pembalut belum penuh maka belum akan diganti. Hal ini merupakan kesalahan besar. Terlalu lama memakai pembalut sama saja membiarkan bakteri tumbuh dan berkembang lebih banyak di area organ intim, dan bisa juga menimbulkan bau pada daerah kewanitaan.

Mulailah mengganti pembalut setiap 2-3 jam sekali.

2. Salah membersihkan vagina

Membersihkan vagina memang sangat penting. Namun banyak ladies yang masih salah dalam membersihkan vagina mereka.

Cara membersihkan vagina yang benar adalah dari arah depan ke belakang, yaitu dari vagina ke anus. Jika Anda membersihkan dengan cara sebaliknya, akan memungkinkan bakteri dari anus berpindah ke dalam vagina dan uretra yang bisa menyebabkan infeksi.

3. Memakai pembersih yang mengandung wewangian

Sebenarnya vagina memiliki aroma khas, sehingga ladies tidak perlu memakai wewangian untuk area vagina. Vagina pada dasarnya bisa dibersihkan dengan dengan air saat mandi. Tapi jika ladies ingin memakai sabun maka pakailah sabun khusus kewanitaan yang tidak memengaruhi keseimbangan bakteri dan pH area kewanitaan Anda.

Hindari pula pemakaian sabun yang mengandung wewangian, karena bisa menimbulkan alergi dan gatal. Disarankan gunakanlah pembersih khusus kewanitaan yang pas digunakan pada saat menstruasi seperti antiseptik yang mengandung povidone – iodine.

4. Berhubungan seks saat menstruasi tanpa kondom

Hal yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami istri. Melakukan hubungan intim sebenarnya boleh dilakukan saat menstruasi. Namun memang perlu diperhatikan point-point pentingnya. Saat menstruasi leher rahim wanita akan lebih terbuka, yang membuat ladies lebih rentan terhadap infeksi serviks dan uterus bagian atas.

Pemakaian kondom bisa mengurangi penularan penyakit seksual atau bahkan penyakit radang panggul akibat perkembangan bakteri di area vagina saat menstruasi.

5. Menuruti emosi yang turun

Emosi tidak stabil saat menstruasi? Hal ini dikarenakan ladies mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron. Mood yang tiba-tiba baik bisa menjadi buruk dan bad mood seharian.

Namun, banyak orang justru menuruti perubahan emosi saat PMS ataupun menstruasi berlangsung. Hal inilah yang justru membuat perasaan ladies makin tidak karuan. Untuk menghindari hal ini maka cobalah untuk melakukan relaksasi. Misalnya, meditasi, menarik napas dalam, dan yoga. (redaksi)

Pos terkait

Konten berbayar berikut dibuat dan disajikan oleh advertiser. Wartawan Telisiknews.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.