Kepsek SMANTI Batam Buka Resmi MPLS Untuk 288 Siswa Baru

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Awal Tahun Pelajaran baru 2021/2022 masih dalam suasana Pendemi Covid 19, siswa -siswi SMA Negeri 3 (SMANTI 3) Batam mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dibuka secara resmi oleh Kepala sekolah Vivi Kusuma Effendi, Senin (12/7/2021) pagi.

Nova Cecelya sedang ikuti MPLS lewat Daring

Para siswa mengikuti MPLS tidak hadir ke sekolah melainkan masih berada di rumah dengan melakukan Video Converence dan dilanjutkan pada gugus yang sudah ditentukan dengan masing masing wali kelas.

Read More

Inilah sambutan Kepala SMA Negeri 3 Batam saat memasuki masa Tahun Pelajaran Baru 2021/2022 sebagai berikut:

Assalamu’alaikum Wr WB

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk semua anak -anak yang sudah bergabung di SMA Negeri Batam.

“Anak anakku siswa siswi SMA Negeri 3 Batam yang berbahagia, Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih memberikan nikmat dan karunia kepada kita semua, sehingga kita masih bisa beraktifitas pada hari ini. Insya Allah dengan kita senantiasa bersyukur maka akan ditambahkan nikmat nikmat kepada kita semuanya,” ucap Vivi Kusuma Effendi.

MPLS dapat dilakukan secara daring dan luring tanpa tatap muka. MPLS telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Pengenalan Lingkungan Sekolah ( PLS) meliputi pengenalan program, penanaman konsep pengenalan diri, pengenalan sarana dan prasarana, pembinaan awal kultur sekolah, dan pengenalan cara belajar.

Ada 6 hal yang dapat dilakukan dalam memastikan siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah yang baik. Antara lain sebagai berikut:

1. Kenali potensi diri siswa baru melalui formulir profil siswa yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi/ bakat, serta sifat/ perilaku.

2. Berikan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk mereka.

3. Tumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, disiplin, hidup bersih dan sehat.

4. Bantu mereka beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

5. Kembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

6. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengenalan lingkungan.

Kegiatan PLS dilakukan selama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Selamat mengikuti PLS dan belajar lah dengan baik serta patuhi prokes agar terhindar dari virus pandemi ini. Imbuhnya Vivi.

Editor : Nikson Juntak

 

Related posts