Ramp Door KMP Ihan Batak Putus , Mobil Avanza Jatuh dan Satu Penumpang Tewas

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,SUMUT – KMP Ihan Batak merupakan salah satu kapal roro penyeberang yang beroperasi di sekitar Danau Toba Tapanuli Utara, Sumatera Utara, untuk mengangkut penumpang dan juga mobil.

Mobil Toyota Avanza bernomor polisi BK 1421 QP terjatuh ke Danau Toba  saat akan turun dari Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Senin (31/5/2021), sekitar pukul 14.40 WIB. Akibatnya, satu orang penumpang tewas.

Read More

Korban diketahui Desy Marizdayani (32), warga Kota Tebingtinggi. Korban merupakan satu dari empat penumpang mobil Avanza berwarna hitam tersebut.

Sementara tiga lainnya berhasil diselamatkan yakni : Hj Farida (72), Hj  Zulkarnain Tanjung (76) keduanya beralamat jln Gunung Martimbang III Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. Sementara, Neiny Safrina (33), alamat jalan Padang Sidempuan No.1 Pematang Siantar.

Informasi yang didapat, KMP Ihan Batak yang membawa mobil nahas itu berangkat dari Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba menuju Pelabuhan Ambarita sekitar Jam 14.00 WIB.

Setiba di Pelabuhan Ambarita, 6 mobil sudah diturunkan dan pada saat mobil naas itu akan keluar, jembatan penghubung (ramp door) KMP Ihan Batak terputus. Mobil tersebut pun langsung terjatuh ke danau.

“Saat itu angin bertiup kencang sehingga kapal bergeser, dan menyebabkan Ramp door kapal Ihan Batak terputus,” ujar salah seorang warga di sekitar pelabuhan Ambarita tersebut.

Ramp door (pintu rampa) adalah suatu konstruksi pintu rampa pada kapal yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara kapal dengan dermaga sehingga bisa digunakan untuk akses keluar masuknya kendaraan ataupun muatan yang akan diangkut oleh kapal. (Redaksi)

Editor : Nikson Juntak

Related posts