Hari Lahir Pancasila, Sekolah Inspektur Polisi Angkatan 49 Gotong Royong di SPN Polda Kepri

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,TANJUNG BATU – Bangsa Indonesia memperingati setiap tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Sejak 2016, Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional, peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati secara nasional.

Jika peringatan sebelumnya digelar upacara secara langsung, tahun ke-empat ini upacara tetap digelar namun dilakukan secara daring oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui video conference dengan tema : “Pancaisla dalam tindakan melalui Gotong Royong menuju Indonesia Maju”.

Read More

Hal ini karena situasi pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia dan juga negara-negara di dunia. Dalam rangka hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2020, Siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan 49 T.A. 2020 di SPN Polda Kepri melaksanakan aksi gotong royong membersihkan Taman Makam Pahlawan Tanjung Batu.

Para siswa SIP melaksanakan gotong royong di Tanjung Batu Kepri.

“Hari lahirnya Pancasila ini, kami siswa Sekolah Inspektur Polisi angkatan 49 tahun 2020 di SPN Polda Kepri, melaksanakan gotong royong membersihkan taman makam pahlawan Tanjung Batu,” kata Ronal Simanjuntak, Senin (1/6/2020) kepada Telisiknews.com.

Sementara Kombes.Pol Donald Happy Ginting S.I.K selaku Ka SPN Polda Kepri mengajak senua elemen bangsa untuk melawan dan menyelesaikan Pandemi Covid 19 dengan kembali ke ideologi Indonesia yaitu Pancasila.

Menurut Donald, tidak ada cara lain untuk keluar dari bencana ini dengan selamat, selain dengan gotong -royong yang merupakan paham lebih dinamis.

“Konsep gotong -royong merupakan salah satu intisari nilai Pancasila, dapat dijadikan role model baik pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi Covid 19 saat ini,” tutur Donald Ginting yang juga pembimbing siswa SIP Polda Kepri.

 

Nikson Juntak

Related posts