Ratusan Kios Terbakar di Pasar Seken Taras Batam Center

  • Whatsapp

TELISIKBEWS COM,BATAM – Wabah virus Covid 19 memaksa sebagian pedagang kain dan barang bekas atau Second di pasar Taman Raya Square (Taras) harus berdiam diri di rumah. Namun ada juga yang membuka kiosnya karena tuntutan sewa dan ekonomi.

Kejadian yang sangat memilukan, ratusan kios yang menjual baju -baju dan perabot rumah tangga bekas hangus terbakar tak bisa diselamatkan. Api yang begitu cepat karena disertai angin, sehingga api menjilat dari kios satu ke kios lain. Bahkan beberapa ruko ikut dilalap si jago merah.

Mitha salah satu pedangan seken yang menempati tiga ruko tidak terlepas dari amukan api dan menghanguskan jualannya yang ada di lantai satu dan dua serta satu mobil Agya warna hitam. Kejadian begitu cepat sekitar pukul 10. an pagi.

Dalam penuturan Mitha mengatakan bahwa, api berawal dari kios yang ada di rukonya. Api menyambar tiang listrik yang ada lampunya dan menjalt kabel listrik yang terhubung dengan rukonya. Ada tiga ruko tempat daganganya yakni B2 nomor 4 sampai 6.

Foto kebakaran sebelum menyambar kios -kios lainnya

“Awal api dari kios depan kemudian menyambar bola lampu tiang listrik. Angin kencang hingga menjilat kabel listrik yang mengarah ke dalam ruko tempat jualan saya,” kata Mitha, Kamis (23/4/2020) saat diwawancarai media ini di depan rukonya.

Lanjut Mitha, saat itu dirinya tidak berada di dalam ruko karena sedang belanja di pasar belakang yang ada di Taras. Suami memberitahu ada kebakaran dan langsung kembali ke ruko.

“Saya saat itu sedang belanja di pasar namun suami ada dalam ruko. Saya kembali ke ruko dan saat itulah melihat api menyambar kabel tersebut,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi kebabaran sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung turun ke TKP.

“Ada 8 unit pemadam kebakaran yang kami turunkan. Soal kerugian dan berapa unit kios yang terbakar itu menjadi ranah pihak kepolisian bersama Camat yang nantinya mengetahui. Kami hanya pemadaman api saja,” ucap Azman.

Selain mobil pemadam kebakaran, puluhan anggota polisi dan dua unit mobil water canon Polda Kepri ikut memadamkan api. Hadir dalam kejadian tersebut, Camat Batam Kota, Aditha dan anggota DPRD Kota Batam,Thomas Sembiring.

 

Nikson Juntak

 

Related posts