Polda Kepri Lakukan Ini Setelah 13 Orang Anggotanya Dinyatakan Positif Corona Covid-19

  • Whatsapp

TELISIKNEWS COM,BATAM -Sebanyak 23 orang anggota Polisi Kepulauan Riau mengikuti pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira Setukpa Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol) di Sukabumi, Jawa Barat beberapa bulan lalu.

Kemudian, 10 orang harus dikarantina di Rumah Sakit Bhayangkara Sukabumi dikarenakan hasil Rapid Test nya Positif, sehingga sisa 13 orang kembali ke Polda Kepri karena hasil Rapid Test nya di Sukabumi negatif.

Guna mencegah penyebaran Covid-19 di antara Personel Polda Kepri dan jajaran, Bidang Dokter dan Kesehatan Polda Kepri telah melakukan langkah dan upaya pencegahan yakni pemeriksaan Sample Swab terhadap Personel Polda Kepri yang kembali dari Setukpa Lemdiklat Polri. Hal ini diungkapkan oleh Kabiddokkes Polda Kepri pada Jumat (17/4/20).

Kabid Dokkes Polda Kepri mengatakan, sesuai perintah Kapolda Kepri setelah para personel Polri tersebut sampai di Polda Kepri, kembali dilakukan pemeriksaan.

“Setelah sampai di Kepri 13 Personel tersebut menjalani pemeriksaan Rapid Test, Pemeriksaan Laboratorium darah, radiologi dan fisik di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri, pada tanggal 30 Maret 2020. Dari hasil pemeriksaan terdapat 6 orang dengan hasil Rapid Test Positif dan 7 orang hasil negatif. Kemudian ke 13 orang tersebut atas kemauan sendiri dilakukan karantina di RS. Bhayangkara Polda Kepri.

“Selanjutnya, 6 orang yang hasil Rapid Test nya Positif dilakukan pengulangan pemeriksaan tanggal 10 April 2020 dan dari hasil pemeriksaan terdapat 4 orang dengan hasil positif. Kemudian dilakukan koordinasi dengan BPKL, dari hasil pemeriksaan Swab pada tanggal 16 April 2020 dinyatakan bahwa 2 orang negatif, 3 orang positif Covid –19 dan 1 orang masih menunggu hasil test (on proses)” tutur Kabid Dokkes Polda Kepri.

Tiga orang personel Polda Kepri yang positif Covid 19 tersebut, saat berada di Lemdiklat Polri, Sukabumi.

“Jadi dapat disimpulkan bahwa 3 orang Personel Polri yang positif Covid – 19 tersebut terinfeksi saat berada di Lemdiklat Polri, Sukabumi. 3 orang tersebut tidak tampak ada gejala, kondisi fisik baik dan bagus namun hasil Swab nya menyatakan Positif Covid –19. Saat ini ke 3 orang tersebut telah dirujuk dan dilakukan perawatan di ruang Isolasi Rumah Sakit Rujukan Galang untuk penanganan medis lebih lanjut” tuturnyai.

Langkah yang telah dilakukan oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK. melalui Kabid Dokkes Polda Kepri merupakan cara pimpinan dalam melindungi anggota, keluarga dan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid –19.

Kemudian, kondisi kesehatan 10 orang anggota Polda Kepri yang menjalani karantina di RS bhayangkara Setukpa Lemdiklat Sukabumi dalam keadaan sehat.

” 10 anggota yang menjalni karatinan di Sukabumi dalam keadaan sehat,” tutur Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt.

Nikson Juntak

Related posts