BPS Kota Batam Ajak Media Sukseskan Sensus Penduduk 2020

  • Whatsapp

TELISIKNEWS.COM,BATAM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam,  melaksanakan kegiatan Workshop Wartawan dengan tema “Peningkatan Pengetahuan Statistik untuk awak Media “. Sesuai dengan tema yang kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan statistik kepada media cetak, online maupun elektronik.

Peran awak media dalam penyebarluasan data statstik sangat di perlukan dan strategis, mengingat media adalah pintu masuk informasi bagi masyarakat. Hal itu penting dilakukan pembinaan dan pembekalan hal-hal yang berkaitan dengan statistik, sehingga tidak salah di dalam menginterpretasikan data-data statistik yang dirilis oleh BPS. Kata Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin, Senin (9/12/ 2019) pagi di hotel Ibis Styles Batam.

Salim Kadis Komimfo (baju coklat) bersama Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin (kiri) dan Kasi BPS Batam
Salim Kadis Komimfo (baju coklat) bersama Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin (kiri) dan Kasi BPS Batam

Pada kegiatan Workhop Wartawan ini, para awak media dikenalkan dan dibekali dengan produk-produk BPS dan cara melakukan akses terhadap data-data tersebut. Bukan hanya itu, juga diberikan pengetahuan mengenai cara menginterpretasikan /mengartikan angka-angka statistik.

“Awak media menjadi mitra BPS  khususnya di Kota Batam untuk menyebarluaskan dan mengedukasi masyarakat mengenai statistik. Ada tiga sensus yang langsung ke BPS yakni Sensus Penduduk, Pertanian dan Ekonomi,” tegas Rahyudin

Lanjut Rahyudin, rencananya Sensus Penduduk (SP 2020) adalah moment yang sangat penting menuju data satu pintu sehingga tidak ada lagi dua sumber data. Maka, pada Desember 2019 dan Januari 2020 nanti BPS akan melakukan sosialisasi dan koordinasi eksternal yang tergabung dalam pemerintah daerah, media dan masyarakat.

“Koordinasi internal sudah berjalan,  ada dua tahapan yang akan kita lakukan dalam tahapan SP2020 ini yaitu secara online yang akan kita laksanakan pada Februari sampai Maret 2020. Harapkan kita partisipasi pada masyarakat untuk mengisi identitasnya secara mandiri,”pintanya dihadapan peserta workshop.

Dalam sensus secara mandiri ini, dijelaskan Rahyudin tidak banyak pertanyaan yakni: hanya 19 pertanyaan saja yang mudah berupa indentitas pribadi dan mengenai keluarga. Dengan metode sensus yang berlaku yakni Sensus Tradisional, Kombinasi dan Registrasi

“Bila ada yang tidak tercover atau terdaftar online ini. Maka akan dilakukan sensus dengan door to door pada bulan Juli 2020. Harapan kami sangat besar pada pemerintah daerah dan masyarakat tak lupa media yang terus menginformasikan kegiatan ini pada masyarakat,” pintanya.

Nantinya, setelah diberlakukannya sensus satu data, masyarakat cukup untuk mengakses melalui website: sensusbps. co.id, dengan portalsatudata.com. Pungkasnya.

Sementara dalam sambutan Kepala Dinas Komimfo Kota Batam, Salim menerangkan bahwa kegiatan ini untuk mendalami keakuratan data statistik bagi para wartawan. Dengan sumber data yang tepat benar, baik itu jumlah penduduk, pengangguran maupun yang lainnya.

Fungsi media itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga data yang disampaikan benar dan sesuai tidak hoax. Tutur Salim.

Nikson Juntak

Related posts