Polisi Ringkus 2 Spesialis Pembobol ATM di Batam

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Satreskrim Polsek Sagulung berhasil menangkap dua penjahat spesialis pembobol mesin ATM yang kerap beraksi di sejumlah wilayah Di Kota Batam.

Kedua pelaku tersebut adalah Ardison (37) warga Bengkong Indah II dan Dedi Alisman (41) warga Buana Impian II Tambesi.

Keduanya dibekuk di rumah mereka masing-masing, Minggu (13/5) malam. Dedi Alisman yang diketahui sebagai otak pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena mencoba melawan petugas saat hendak ditangkap.

Kapolsek Sagulung AKP Yudha Surya Wardana mengatakan, kedua pelaku diringkus berdasarkan laporan yang masuk ke Polsek Sagulung pada Selasa (7/4) lalu.

” Kedua Pelaku berhasil di tangkap atas laporan seorang Korban. Dalam laporannya, korban mengaku kehilangan sejumlah uang saat melakukan transaksi di salah satu mesin ATM di kawasan Tunas Regency,” Kata AKP Yudha, pada saat konferensi pers di Polsek Sagulung.

Lanjut Yudha, modus yang di lakukan oleh kedua pelaku adalah dengan mengganjal kartu ATM korban dengan alat sederhana yang dimodifikasi. Setelah kartu ATM tertelan, pelaku menguras habis isi rekening korban di mesin ATM tersebut.

“Kedua pelaku bekerja sama dengan cara berpura-pura mengantre di mesin ATM. Saat sepi, Dedi memasang perangkap agar ATM korban tersangkut, selanjutnya dia pergi meninggalkan ATM itu,” Terangnya.

Selanjutnya, kedua pelaku ikut berpura-pura mengantre dan sengaja berdiri di belakang calon korban, mengintip PIN kartu ATM calon korbannya.

“Setelah korban pergi, kedua pelaku langsung menguras isi ATM tersebut,” ujarnya lagi.

Dari hasil penyelidikan sementara, kedua pelaku telah berhasil memperdaya 30 orang dengan modus yang sama. Mereka melakukan aksi itu hampir di seluruh wilayah Batam.

“Aksi mereka sudah dilakukan berulang-ulang dengan modus yang sama. Mereka ditangkap di rumah mereka masing-masing,” ujar Yudha lagi.

Dari kejahatan itu, kedua pelaku sudah meraup keuntungan diatas Rp20 juta. “Kebanyakan korbannya itu ibu-ibu. Pelaku juga tampaknya pemain lama dalam tindak kriminal semacam ini, kasus ini akan kami usut dan didalami,” tutupnya.

Paschall Rianghepat

SHARE