Sidang Molor Berjam- Jam, Saksi dan Jaksa Kecewa

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Keluarga terdakwa dan saksi serta pengunjung sidang lainnya mengeluhkan proses persidangan di Pengadilan Negeri Batam yang selalu molor. Jadwal sidang yang sudah dimulai pukul 10.00 WIB, akhir-akhir ini molor hingga tiga jam.

Bahkan dalam beberapa minggu ini persidangan banyak yang ditunda. “Kenapa telat terus, kami kan sudah nunggu dari pagi,” ujar pengunjung sidang, Nia dan Ren saat ditemui di Pengadilan Negeri Batam, Senin, (9/4/2018).

Selain Nia dan Ren, pengunjung sidang lainnya seperti saksi dan keluarga terdakwa juga mengeluhkan atau kecewa hal yang sama.Begitu juga pengacara dan juga Jaksa, hanya saja mereka tidak mau disebutkan identitasnya.

Berdasarkan pengamatan “Telisiknews.com” memang akhir-akhir ini para hakim sering kali melakukan rapat. Bahkan rapat tersebut dilakukan pada hari kerja. Padahal hari-hari Jumat kan sangat tepat buat rapat jika hal itu sangat penting sekali, atau sore hari setelah jam kerja selesai.

“Aneh kok rapat hari kerja, sidang jadi terganggu.Kasihan terdakwa, saksi dan pengunjung sidang. Kenapa tidak dilaksanakan pada hari Jumat kan waktunya tidak sibuk,”ujar salah seorang pengacara.

Menurutnya, lembaga pengadilan ini banyak yang berkepentingan, dan bukan hanya milik hakim, tapi milik publik. “Mulai dari pengacara terdakwa, keluarga korban, saksi dan jaksa, mereka menunggu dari pagi tapi malah sidang molor terus,” ujarnya.

Sementara saat dikonfirmasi dengan humas PN Batam Muhammad Chandra mengaku bahwa memang Minggu kemarin ada kegiatan hakim yang tidak bisa ditinggalkan. Dan hari ini kami juga ada rapat karena ada rencana kegiatan, namun untuk persidangan tetap jalan.

“Perlu juga diketahui, jika para pihak belum ada yang melapor, bagaimana kami hakim majelis tau apa sudah lengkap,” ujar M. Chandra.

Pantauan persidangan hari ini dimulai pukul 12.05 WIB dan kembali istirahat untuk makan siang. Molornya persidangan akan memperburuk citra pengadilan.

Nikson Juntak

SHARE