Yonif -10 MAR/SBY Tempa 250 Kader Bela Negara dan di Buka Wakil Walikota Batam

TELISIKNEWS.COM,BATAM- Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mewakili Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, secara resmi membuka pelatihan pembentukan kader bela Negara di Markas Komando Batalyon lnfanteri-10 Marinir/SBY, kota Batam Rabu (04/04/2018).

Turut hadir dalam acara pembukaan Mayjen TNI Pandji Suko Staf ahli Menhan Bidang Politik dan Mayjen TNI Eko Budi S Menhan Bidang Keamanan dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia serta tamu undangan FKPD Kota Batam. Upacara pembukaan ditandai dengan memasangkan tali pita Biru kepada pelatih dan pita Merah untuk siswa.

Kehadiran wakil walikota Batam tersebut di sambut hangat oleh LetkoI Mar Rino Rianto selaku Komandan Batalyon lnfanteri-10 Marinir/SBY beserta jajaran perwira. Dan pelatih dari Infanteri -10 Marinir/SBY akan menempa 250 siswa bela Negara.

Pelatihan bela Negara ini akan berlangsung selama tiga hari, untuk pelatih di pimpin Iangsung oleh Kapten Mar Rasyid ‘Ihsan yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kompi Bravo Yonif-10 Mar.

Adapun materi bela Negara yang akan di latihkan oleh prajurit Yonif-10 Mar antaralain:Pelatihan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Kepemimpinan, Pengetahuan Tentang HAM, Tataran Bela Negara, Pengetahuan Cyber dan Out Bond.

Dalam sambutan Amsakar Achmad mengatakan, pesatnya arus globalisasi serta majunya teknologi informasi saat ini sangat nyata dan berpengaruh terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Narkoba, pencurian dan penyelundupan menjadi kejahatan siber serta pelanggaran wilayah yang menjadi ancaman nyata yang kita hadapi saat ini. Apabila kita hanya membebankan hal ini hanya kepada TNI/Polri maka akan terasa berat. Oleh karena itu, kita bentuk kader bela negara ini untuk menjadi telinga dan mata bangsa demi menjaga keutuhan NKRI.

“Saya berharap agar dapat terbentuk kader- kader bela negara yang disiplin, optimisme, taat hukum, pekerja keras dan memiliki perilaku kesadaran untuk membela bangsa dan negara.” pungkasnya.

Nikson Juntak

SHARE