JR Saragih Lulus Sepa PK TNI Bukan dari AKMIL, Ini Klarifikasi Pangkatnya

TELISIKNEWS.COM, JAKARTA – Kegagalan Jopinus Ramli Saragih atau dikenal JR Saragih menjadi calon Gubernur Sumatera Utara berujung panjang. Polisi telah menetapkan mantan bupati Simalungun selama dua periode itu sebagai tersangka atas dugaan pemalsuan tanda tangan legalisir fotokopi ijazah oleh penyidik Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Provinsi Sumatera Utara.

Belum selesai kasus ini kini muncul masalah baru yaitu beredar polemik soal pangkat terakhir JR Saragih di TNI AD sebelum ia memutuskan mundur dari insititusi militer tersebut. Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat mengklarifikasi soal pangkat pria yang kelahiran Medan 50 tahun silam.

“Memang benar bahwa Jopinus Ramli Saragih pernah berdinas sebagai prajurit TNI AD dengan pangkat terakhir Kapten CPM dan berdinas di Pomdam III/Slw sebagai Dansubdenpom Purwakarta, sebelum akhirnya mengakhiri dinas aktifnya pada tahun 2008 untuk beralih profesi dibidang yang lain,” demikian keterangan dari Dinas Penerangan TNI AD yang dirilis CNN Indonesia, Sabtu (17/3/2018).

Hal itu untuk mengklarifikasi pemberitaan bahwa JR Saragih berpangkat Kolonel sebelum ia memutuskan mundur dari militer guna menjadi pengusaha.

“Terkait informasi yang beredar bahwa JR Saragih berpangkat Kolonel, serta informasi – informasi lainnya yang berkembang, kita serahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian yang saat ini tengah melakukan penyidikan terkait beberapa permasalahan yang terjadi, karena yang bersangkutan saat ini berstatus sebagai warga sipil,” demikian kelanjutan dari keterangan tersebut.

Dinas Penerangan TNI AD menerangkan bahwa berdasarkan catatan, dalam jalan kariernya menjadi prajurit TNI AD, JR Saragih menempuh pendidikan Sekolah Perwira Prajurit Karir TNI (Sepa PK TNI) yang diselenggarakan di dalam lingkungan Akademi Militer selama 1 tahun. Lama waktu pendidikan di Sepa PK TNI disebutkan berbeda dengan pendidikan Taruna Akademi Militer yang ditempuh selama 4 tahun. JR Saragih lulus dari pendidikan Sepa PK TNI pada tahun 1998 dan menyandang pangkat sebagai Letnan Dua CPM. (redaksi )

SHARE