Waspadai Ranjau Paku di Jalan Raya Mata Kucing Batam dan Ini Tipsnya

903

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Mulai marak ranjau Paku akhir-akhir ini di jalan raya Mata Kucing Sekupang Kota Batam, membuat para pengendara kendaraan menjadi resah. Ranjau itu ditebar orang yang tidak bertanggung jawab agar terlindas ban pengendara, dan seketika ban langsung kempes kehabisan angin.

Beradasarkan informasi dari masyarakat, ranjau paku itu diduga ditebar sebagai trik untuk menjaring para pengendara menjadi korban tidak kriminal. Hal inilah langsung direspon oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengky S.IK, melalui anggotanya satuan lalu lintas Polresta yang dipimpin Kanit Patroli Ipda Fredyando untuk melakukan pembersihan paku ranjau tersebut, Senin (26/2/2018).

Modus ini sudah tentu bermacam-macam. Tips bila terkena ranjau paku, dan terasa ada yang tidak beres dengan ban kenderaan anda, jangan langsung memeriksa atau berhenti di tempat sepi. Usahakan terlebih dahulu melihat situasi disekitarnya, apakah aman.

Kalau situasinya tidak memungkinkan lebih baik paksakan tetap jalan sambil mencari tempat yang lebih aman. Misalnya, SPBU, restoran atau rumah makan. Memang ada risiko velg dan ban rusak, tapi risiko ini jauh lebih murah apabila di dalam mobil ada barang-barang berharga.

Setelah menemukan tempat berhenti yang ramai dengan orang, dan pastikan ban memang kempes. Jangan coba ganti ban sendiri, lebih baik minta bantuan tukang tambal ban agar bisa tetap waspada mengawasi barang-barang berharga yang ada di dalam mobil anda.

Bagi anda berkendara pada malam hari dan sepi, disarankan agar tetap konsentrasi dan melaju dengan cepat. Kecepatan rendah, apalagi bila sendirian dan seperti sedang bingung, dapat mengundang penjahat memasang jeratnya.

Selama berkendara, perhatikan terus kondisi sekitar. Waspadalah bila ada pengendara yang mencurigakan. Bisa jadi, Anda sedang dibuntuti dan disergap saat berhenti di tempat sepi.

Usahakan barang-barang berharga seperti,
laptop, handphone atau gadget dan sejenis dipastikan tersimpan ditempat yang aman dan tidak mudah terlihat mata. Semoga saja info ini bermanfaat bagi kita semua. Kata Kapolresta Barelang, Kombes.Pol. Hengky  S.IK.

Editor : Nikson Juntak