Walikota Batam Membuka Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Tenaga Kerja, menggelar acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan,administrasi perkantoran, otomotif, perhotelan, alat berat dan menjahit pada Rabu (14/2/2018) di Wisma Kementerian Agama Batam Center.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia, meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, serta menanggulangi pengangguran.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Batam, Rudi SE dan di hadiri Kepala DinasTenaga Kerja, perwakilan perusahaan – perusahaan, Lembaga pelatihan dan peserta pelatihan.

Program ini diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dengan alokasi dana dari kegiatan ini bersumber dari dana Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan kurang lebih sebulan di Kota Batam dan diikuti oleh 2320 peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Walikota Batam Rudi SE mengatakan bahwa pelatihan ini sangat sejalan dengan Visi Kota Batam.

“Hal ini sangat sejalan dengan Visi Kota Batam yaitu menguatkan Batam sebagai Kota Industri yang bertumpu pada kualitas SDM. Disamping itu, saat ini Batam juga sedang menggalakan dalam bidang wisata dalam hal ini perhotelan. Sehingga efeknya nantinya untuk lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, program pelatihan berbasis kompetensi ini sangat diperlukan untuk membekali tenaga kerja memasuki dunia Kerja. Disamping meningkatkan kemampuan masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan, menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi bertambahnya angka pengangguran,”ungkapanya.

Dalam sambutan Walikota Rudi SE, mengusulan agar peserta yang hadir penuh selama pelatihan akan diberikan uang saku peserta sebagai pengganti transportasi.

“Saya akan memberikan uang saku pada peserta sebagai pengganti transportasi. Anggaran itu ada karena kebijakan ada pada saya,” Kata Rudi SE.

Diakhir sambutannya, Walikota Rudi SE menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh. Karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan yang kelak akan menjadi modal saudara dalam memasuki dunia kerja,” tutupnya.

Nikson Juntak

SHARE