4 Penyebab Tangan Kesemutan yang Tak Boleh Diabaikan

TELISIKNEWS.COM – Tangan kesemutan tak melulu disebabkan oleh hal sepele. Kondisi ini juga menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya, lho!

4 Penyebab Tangan Kesemutan yang Tak Boleh Diabaikan (Interstid/shutterstock)
Klikdokter.com, Jakarta Siapa pun dapat mengalami tangan kesemutan. Keluhan ini memang sering terjadi dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, tangan kesemutan dapat menetap dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam dunia medis, tangan kesemutan yang terjadi secara berkelanjutan disebut dengan parestesia jari. Kondisi ini didasari oleh gangguan saraf atau pembuluh darah di bagian tubuh tersebut. Penyebabnya antara lain:

Jangan Sepelekan Kesemutan, Ini Sebabnya
1. Kekurangan vitamin B

Vitamin B memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan kesemutan.

  1. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) alias sindrom terowongan karpal merupakan kondisi yang bisa menyebabkan jari tangan mengalami kesemutan, nyeri, maupun mati rasa atau kebas. Kondisi ini disebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, akibat terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dapat terjadi di tangan kanan, kiri, maupun keduanya.

  1. Diabetes

Tangan kesemutan yang terjadi terlalu sering dapat menjadi pertanda dari penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Selain tangan kesemutan, penderita juga biasanya akan mengalami gejala lain seperti kram, dan kebas.

  1. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid alias hipotiroidisme merupakan kondisi yang membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah cukup. Beberapa keadaan yang dapat terjadi akibat kondisi ini adalah tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, serta rambut rontok.

Mengetahui bahwa tangan kesemutan dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi di atas, sebaiknya Anda tidak menganggap sepele keluhan ini mulai sekarang. Segera terapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, serta istirahat cukup.

Di samping itu, pastikan pula Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, khususnya yang mengandung vitamin B kompleks, kalium, serta magnesium. Jika khawatir makanan yang dikonsumsi tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut, Anda bisa mengonsumsi multivitamin sebagai alternatifnya. Bila nutrisi yang diperlukan terpenuhi, tangan kesemutan tak akan lagi terjadi. (nk).

dr. Kartika Mayasari

SHARE