Rumah Sakit Pertamedika Hajah Bunda Halimah akan Beroperasi di Kampus Uniba

1556

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Batam boleh lega sedikit, karena tidak lama lagi kampus ini akan memiliki rumah sakit sendiri. Berdirinya RS ini untuk memenuhi seluruh persyaratan dan kualifikasi dari prodi Kedokteran.

“Ini standar yang harus dipenuhi untuk membuka prodi kedokteran,” kata DR Ibrahim MPd.Ked, Jumat (2/2/2018) petang.

Selain standar tersebut di antaranya, kecukupan dosen, ruang belajar, ruang praktek, dan fasilitas – fasilitas pendukung, termasuk Rumah Sakit (RS) Pendidikan. Universitas yang akan membuka prodi kedokteran harus mempunyai rumah sakit atau menjalin kerja sama dengan rumah sakit yang ada di daerah tersebut.

Inilah yang dilakukan oleh yayasan Griya Husada yang punya izin penyelenggaraan pendidikan. Kini rumah sakit sedang di bangun dan rencana akan beroperasi di tahun ini. Kata Dekan FK Uniba, DR. Ibrahim. MPd. Ked.

Lanjut Ibrahim, Rumah Sakit Pertamedika Hajah Bunda Halimah itulah namanya. Izin pembangunan 12 lantai yang di rencanakan dan baru 5 lantai akan selesai. Sebanyak 200 tempat tidur akan disiapkan sesuai izin kelas B yang usulkan.

Terkait izin mendirikan bangunan ( IMB) sudah oke, tinggal izin pendirian RS yang sedang proses dan termasuk izin operasional, penetapan kelas serta akreditasi umum baru rumah sakit pendidikan.

Izin pendirian fakultas kedokteran harus mengacu pada standarisasi minimum akreditasi B, hal itu sudah dipenuhi FK Uniba. Tujuannya untuk menjamin kualitas lulusan dokter yang dihasilkan.Tutur Ibrahim.

Dengan hadirnya rumah sakit Pertamedika Hajah Bunda Halimah ini, akan menunjukkan eksistensi fakultas kedokteran Uniba di Indonesia secara khusus di Kepulauan Riau. Dan rumah sakit ini nantinya terbuka bagi masyarakat umum.

Nikson Juntak