Siswa SLB Negeri Batam Diajari Kegiatan Berkebun dan Keterampilan Lainnya

TELISIKNEWS.COM, BATAM – Pendidikan ketrampilan merupakan program pilihan yang dapat diberikan kepada peserta didik, yang diarahkan kepada penguasaan satu jenis keterampilan atau lebih yang dapat menjadi bekal hidup di masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan oleh Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Negeri Batam, dengan memberi pendidikan keterampilan pada anak didiknya.Tujuannya untuk memperoleh kecakapan dan keterampilan tertentu yang diperlukan anak didik sebagai bekal hidupnya di masyarakat.

Dengan memiliki kemampuan, keterampilan dan sikap dasar maka dapat melakukan pekerjaan guna memperoleh pendapatan (nafkah). Memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai bidang pekerjaan yang terdapat di lingkungan masyarakat sekitar. Sekurang-kurangnya mampu menyesuaikan diri di dalam masyarakat dan memiliki kepercayaan diri. Kata Dian, Kepala SLB Negeri Batam, Rabu (24/1/2018).

Kegiatan berkebun akan diadakan di halaman depan sekolah. Siswa–siswi diajari bagaimana caranya menanam cabai dan sayur sayuran. Meskipun mereka memiliki kekurangan dan berbeda dengan anak normal lainnya, mereka tetap bersemangat.

”Kegiatan ini nantinya rutin kami adakan agar memperkenalkan alam dan cara menanam kepada siswa, walaupun mereka berbeda dan memiliki kelainan tapi kami bangga siswa siswi kami semangat dalam kegiatan ini,” kata Dian.

Disamping itu, kegiatan membatik, menari.rias kecantikan dan melukis juga kami ajarkan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar nantinya setelah mereka lulus mereka memiliki keterampilan hidup tanpa bergantung dengan orang lain. Tutur Dian lagi.

Nikson Juntak

SHARE