Inilah Profile Anak Almarhum DL Sitorus, Jadi Calon Wakil Gubernur Sumut Pilkada 2018

TELISIkNEWS.COM, JAKARTA – Setelah resmi namanya diumumkan menjadi Cagub dan Cawagub Sumatera Utara ( Sumut) untuk Pilkada 2018, Minggu (7/1/2018) pagi. Pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Hamonangan Sitorus akan memulai strateginya untuk berkampanye memperkenalkan pada masyarakat Medan.

Sihar Hamonangan Sitorus, merupakan anak pengusaha perkebunan Sawit yaitu DL Sitorus. Hampir 80 persen perkebunan sawit di Sumatera dikuasai oleh almarhum
Sutan Raja Darius Lungguk Sitorus atau DL Sitorus. Bahkan usaha kebun sawitnya hingga pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Sutan Raja Darianus Lungguk Sitorus atau yang sering kita dengar dengan nama panggilannya DL Sitorus. Penghasilannya yang berasal dari perkebunan kelapa sawit Rp.600 Milyar pertahun. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2010-2012 penghasilan DL Sitorus dari PT. Torganda miliknya mencapai Rp. 1,3 Triliun.

DL Sitorus merupakan orang Batak terkaya di dunia setelah Chairul Tanjung dan Martua Sitorus.

Inilah profile singkat Sihar Sitorus yang maju Cawagub Sumut Pilkada 2018 yang dipasangan bersama Djarot oleh PDIP.
Dr Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane, BSBA, MBA, Lahir Jakarta 13 Juli 1968. Istri Patricia Ferrari Juanita Siahaan serta dua anak Gabariel Sitorus dan Gamaliel Sitorus.

Menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Jakarta. Lulus 1987 Bachelor of Science in Businees Administration University of Arizona, Tucson, AZ, USA, dan tahun 1991 Master of Businees Administration Creighton University Ohama, NE, USA.

Kemudian tahun 1993, Program Diploma Busnees Economic, Strathclyde University, Glasgow diraihnya. Dan tahun 1998, gelar Doctor of Businees Adminitration dari Manchester Businees School, Manchester, UK.

Selanjutnya, pada tahun 2005 Pengalaman Pekerjaan dari PT Freeport Indonesia, 1993 – 1995 PT Bursa Efek Jakarta, 1995 -1997 Entrepreneur, 1997- sekarang sebagai Direktur Lembaga Peduli Hutan Indonesia.

Disamping kesibukannya meneruskan bisnis orangtuanya, DR. Sihar P.H Sitorus BSBA, MBA, ternyata peduli persepakbolaan dan Kesejahteraan Rakyat Indonesia. Namanya tak asing di mata pencinta sepakbola di negeri ini.

Pernah menjadi ketua umum salah satu Tim Indonesia yang dikenal di era keemasan PSMS Medan. Kecintaanya terhadap sepakbola-lah yang membuatnya sudi menggelontorkan dana besar demi tim yang dia cintai sejak kecil. Selain itu, dia mendirikan tiga klub yakni Medan Chiefs Deli Serdang dan Pro Titan, dan Nusaina Fans Club (FC).

Saat membangun PSMS Medan agar tetap ikut berlaga di Indonesia Super League (ISL), tak sedikit dana yang dia keluarkan. Maka, kalau ditanya berapa orang pengusaha Indonesia yang memberikan perhatiannya pada persepakbolaan..?
Tentu tidak banyak orang. Hanya hitungan jari.

Sihar-lah salah satunya. Dialah pengusaha yang cinta kemajuan persepakbolaan Indonesia. Nama lengkapnya adalah: Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus. Sihar dalam bahasa Batak diartikan, terang, pembawa terang. Pangihutan diartikan orang yang patut diikuti, itu artinya pemimpin. Lalu, Hamongan diartikan, winner atau orang yang selalu menang.

Orang yang baru kenal dia terkesan sosok pendiam. Padahal, kalau dia bicara akan selalu asik diajak diskusi, apalagi soal bola. Pokoknya, mantan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI ini punya ide-ide cemerlang, yang sangat tepat soal persepakbolaan Indonesia.

Bagi Sihar, sebagai pemilik beberapa klub ini sangat peduli dalam pengembangan bakat anak-anak muda negeri ini. “Bakat dari anak muda Indonesia harus terus digarap,” katanya. Kecintaannya pada sepakbola, tidak hanya berteori tetapi mengaplikasikan langsung di lapangan.

Dikalangan masyarakat DL Sitorus lebih dikenal sebagai Pengusaha Kelapa Sawit. PT. TORGANDA adalah perusahaan yang dimiliki oleh ayahnya Sihar Sitorus. Mungkin masih ada lagi perusahaan yang dimiliki oleh DL Sitorus sampai Dia bisa masuk deretan Orang Terkaya di Indonesia sampai saat ini. ( Nikson Simanjuntak)

NB : Berbagai sumber

SHARE